Kamis, 18 Juni 2009

Desa Damit

Damit adalah nama sebuah desa yang ada di Kalimantan Selatan tepatnya di Kabupaten Tanah Laut Pelaihari. Disini belum terdapat kehidupan yang dapat menjamin suatu daerah yang dapat dikatakan maju, dari hasil pengamatan yang saya lakukan di daerah ini hanya berupa bendungan yang dikelilingi oleh beberapa anak pegunungan Meratus, bendungan ini hanya di gunakan untuk mengairi sawah- sawah yang ada di lembah-lembah di sekitar pegunungan.

Air di pegunungan ini termasuk air buffer. Air buffer adalah air yang tidak mudah tercampur dengan apapun. Air disekitar sini pun air basa karena memiliki pH 9 dengan kelembaban tanah 50% dengan suhu 28- 290C. Air disini sangat tidak cocok untuk diminum karena memiliki pH basa yang cukup tinggi makanya air daerah ini hanya bisa digunakan untuk mengairi sawah saja.

Bendungan ini memiliki banyak hewan maupun tumbuhan yang hidup di sini, hewan yang hidup disini berupa burung-burung, capung, ikan, belut, ular, udang, dan beberapa jenis hewan yang biasa hidup di air tawar. sedangkan tumbuhan yang ada disini berupa kangkung, teratai dan beberapa jenis rumput serta beberapa jenis pepohonan.

Lahan basah di Desa Damit ini dapat memperlambat atau menyimpan sementara air pada kondisi banjir. Kapasistas penyimpanan air banjir tergantung pula dengan kondisi pasang. Porsi lahan basah yang biasa menampung air pasang mungkin tidak akan sanggup lagi jika digunakan untuk menampung tambahan air dari banjir. Kemampuan vegetasi dilahan basah yang berfungsi memperlambat arus air dan menghambat sediment digabungkan dengan kemampuan lahan basah sebagai lahan serapan akan sangat menentukan keberhasilannya sebagai pelindung banjir. Dengan demikian perlu dikaji kemampuan sinkronisasinya pada saat puncak banjir untuk mereduksi kecepatan air dan volume air yang datang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar